Pengaruh Advertising, Sales Promotions, dan Public Relations Terhadap Keputusan Menabung di PT. BPR Sentral Arta Asia Lumajang

  • Ahmad Rokhim STIE Widya Gama Lumajang
  • Ninik Lukiana STIE Widya Gama Lumajang
  • Riza Bahtiar Sulistyan STIE Widya Gama Lumajang

Abstract

Economic development in Indonesia is increasingly rapid can be marked by the growth of the banking industry in a country. The more developed the banking industry, the better economic growth. Banking services businesses offer financial services, so banking services businesses must prioritize customer service, professionalism and trust. This study was to examine the effect of advertising, sales promotion, and public relations on the decision to save at PT. BPR Sentral Arta Asia Lumajang. As many as 60 customers at PT. BPR Sentral Arta Asia Lumajang, East Java, Indonesia is willing to be a participant. The approach used is multiple linear regression analysis. The results of the study state that all variables namely advertising, sales promotion, and public relations have a significant effect on saving decisions. So in increasing saving decisions, there needs to be an increase in advertising, sales promotion and public relations towards the decision to save at PT. BPR Sentral Arta Asia Lumajang.

References

Agus, Widarjono. 2015. Analisis Multivariat Terapan. Yogyakarta : Penerbit UPP STIM
Anton Nugroho, Y. (2015). It’s Easy Olah Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Skripta Media Creative.
Atmaja, L. S. (2009). Statistika untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Darna, & Wardani, D. P. (2013). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pengambilan Produk Pembiayaan Kpr Platinum Ib Pada Bank X Syariah Cabang Harmoni. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(1), 1-10.
Fadli. (2017). Pengaruh Pengetahuan dan Iklan Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Iain Padangsidimpuan Angkatan 2014. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan, 1(1), 1-16.
Ghozali, I. (2013). Desain Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif untuk Akuntansi, Bisnis dan Ilmu Sosial Lainnya. Semarang.
Haris, H., & Irham, N. S. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Periklanan terhadap Keputusan Nasabah dalam Menabung pada Bank Syariah (Studi Kasus pada BTN Syariah Surakarta). Institut Agama Islam Negeri Surakarta, 3(1), 1-24.
Husein, U. (2008). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT Raja GafindoPersada.
Indratama, A. B., & Artanti, Y. (2014). Pengaruh Citra Merek dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Tabungan Bank Syariah Mandiri. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(4), 1-12.
Kasmir. (2015). Manajemen Perbankan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Keller, Kevin Lane and Philip Kotler. 2008. Manajemen Pemasaran. ketiga belas. Erlangga: English.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas. Indonesia: Penerbit Erlangga.
Kurniawan, I. S. (2017). Pengaruh Periklanan, Kualitas Pelayanan, Jaminan Rasa Aman, dan Hubungan Masyarakat Terhadap Minat Menabung pada Nasabah Bmt Al Ikhwan Kantor Cabang Condong Catur. Jurnal Manajemen, 7(1), 1-14.
Lupiyoadi, R., & Ikhsan, R. B. (2015). Praktikum Metode Riset Bisnis. Jakarta Selatan: Salemba Empat.
Maisya, F. (2013). Pengaruh Periklanan, Promosi Penjualan dan Hubungan Masyarakat Terhadap Keputusan Menabung di PT. Bank Negara Indonesia, Tbk. Cabang Bukittinggi. Jurnal Manajemen, 2(1).
Manap, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran Jakarta: Mitra Wacana Medika.
Manullang, P. D. M., & Hutabarat, D. E. (2016). Manajemen Pemasaran Dalam Kompetisi Global. Yogyakarta: Indomedia Pustaka.
Manullang, P. D. M., & Hutabarat, D. E. (2016). Manajemen Pemasaran Dalam Kompetisi Global. Yogyakarta: Indomedia Pustaka.
Maski, G. (2010). Analisis Keputusan Nasabah Menabung: Pendekatan Komponen dan Model Logistik Studi Pada Bank Syariah Di Malang. Journal of Indonesian Applied Economics, 4(1), 1-15.
Nazrian, A., & Hidayat, P. (2012). Studi Tentang Keputusan Nasabah dalam Menabung di Bank Sumut Cabang Usu Medan Metode Analytical Hierarchy Process. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 1(1), 1-8.
Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu pada Era Media Sosial. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Sa’adah, I. D., Hidayati, N., & Mawardi, M. C. (2018). Analisis Variabel Kualitas Pelayanan, Promosi dan Produk Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Dalam Menabung di Pt Bpr Artha Kanjuruhan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang, 07(6), 101-113.
Sanusi, A. (2012). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.
setiyaningrum, A., Udaya, J., & Efendi. (2015). Prinsip-prinsip Pemasaran - Pengenalan Plus Tren Terkini Tentang Pemasaran Global, Peasaran Jasa, Green Marketing, Entrepreneural Marketing dan E-Marketing. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri.
Somad, R., & Priansa, D. J. (2014). manajemen komunikasi mengembangkan bisnis berorientasi pelanggan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. (2009) Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.
Sugiyono. (2012) Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.
Tambunan, M. R., & Nasution, I. G. S. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menabung di Bank Bca Kota Medan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 1(3), 1-12.
Tambunan, M. R., & Nasution, I. G. S. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Menabung di Bank Bca Kota Medan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 1(3), 1-12.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality, dan Satisfaction. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Umar, H. (2008). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Widodo. (2017). Metodologi Penelitian Pouler & Praktis. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Wiyono, G. (2011). Merancang Penelitian Bisnis Dengan Alat Analisis SPSS & Smart PLS. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Khumairo, K., Lukiana, N., & Kasim, K. T. (2018, August). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Kapal Api Di Lumajang. In Proceedings Progress Conference (Vol. 1, No. 1, pp. 262-270).
Khumairo, K., Lukiana, N., & Kasim, K. T. (2018, August). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Kapal Api Di Lumajang. In Proceedings Progress Conference (Vol. 1, No. 1, pp. 262-270).
Published
2019-07-06