Effect of Product Attribute, Satisfaction and Trust in Customer Loyalty Oriflame products

(Case Study at STIE student Widya Gama Lumajang)

  • Diah Anggraeni Prahesti STIE Widya Gama Lumajang
  • Tri Palupi Robustin STIE Widya Gama Lumajang
  • Hartono Hartono STIE Widya Gama Lumajang
Keywords: product attributes, satisfaction, trust, customer loyalty

Abstract

The purpose of this study was to Determine the effect between product attributes, satisfaction and trust in the loyalty of the Oriflame product customers to STIE Widya Gama Lumajang students, partially or simultaneously. This study uses quantitative research, the samples taken in this study amounted to 40 people. The method used is the method of multiple linear regression analysis. The results of the study partially PROVE that product attribute variables and trusts do not Affect the loyalty of customers of Oriflame products, while the variable Satisfaction Affects the loyalty of customers of Oriflame products. Simultaneously there are effects of product attributes, satisfaction and trust in the loyalty of customers of Oriflame products with a determination coefficient of 0653 indicates that 65 roomates.

References

Abdullah, T., dan Francis, T. (2012). Manajemen Pemasaran. PT Rajagrafindo Persada: Jakarta.
Adi Saputro. (2010). Manajemen Pemasaran: Analisis untuk Anggia, Tulandi Riry., Kawet, Lotjc., & Ogi, Imelda. (2015). Analisis Pengaruh Strategi Promosi, Harga dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Konsumen Surat Kabar Manado Post. Jurnal EMBA. Vol.3. No.2 Juni 2015 hal 1041-1040.
Adisaputro, G. (2010). Manajemen Pemasaran Analisis Untuk Perancangan Strategi Pemasaran. UPP STIM YKPN: Yogyakarta.
Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta: Bandung.
Amirullah. (2013). Metodologi Penelitian Manajemen. Bayumedia Publishing: Malang.
Assauri, S. (2012). Strategic Marketing Sustaining Lifetime Customer Value. PT Rajagrafindo Persada: Jakarta.
Baharudin, M., Siti, Z. (2015). pengaruh kepercayaan dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan. Manajemen Bisnis. 3(1).
Bediova, M., & Ryglova, K. (2015). satisfaction and Loyality Factors Of Ski Resorts-The Cass Study Of Slovakia and Austria.
Dewi, M. (2017). pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas konsumen pada produk Pixy pada mahasiswi Universitas Samudra. Jurnal Manajemen & Keuangan. 6(2).
Dewi, N. K., Gus, A., & Sepris. Y. (2012). pengaruh iklan, citra merek, kepuasan konsumen terhadap loyalitas. Jurnal Manajemen & Kewirausahan. 3(2), 2086-5031.
Dharma, R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Padang Tour Wisata Pulau Padang. Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi. 6(2). 349-359.
Dimyati, M. (2012). pengaruh atribut produk terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan produk pond’s. Jurnal Aplikasi Manajemen. 10(1).
Haryono, D.,A.,T. & Moh, M., W. (2016). pengaruh kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan pada penyedia jasa internet study PT.Noken Muliatama Semarang. Jurnal of Manajemen. 2(2).
Hidayat, D., R., & Firdaus, M., R. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Kepercayaan, Citra Perusahaan, dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Wawasan Manajemen. 2(3).
Hikmah, N., Lukiana, N., & Sulistyan, R. B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dalam Meningkatkan Kepuasan Dan Membentuk Loyalitas Pelanggan Pada Percetakan Yesika Di Lumajang. In Proceedings Progress Conference (Vol. 2, No. 1, pp. 582-587).
Kotler, P. (2006). Manajemen Pemasaran. Jilid 1, Edisi kesebelas, Jakarta, PT Indeks Gramedia.
Kotler, P., & Kevin L. K. 2009, Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 2, Erlangga : Jakarta.
Kuncoro, M. 2009. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi, Edisi 3, Erlangga.
Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran. Alfabeta: Bandung.
Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran. Alfabeta: Bandung.
Mangkunegara, P. A. 2009. Perilaku Konsumen. PT Refika Aditama: Bandung.
Nisfiyah, N., Alvia, N., Agustiar, F. R., & Sulistyan, R. B. (2019). Pengaruh Brand Community dan Ekuitas Merek terhadap Loyalitas Pelanggan. In Proceedings Progress Conference (Vol. 2, No. 1, pp. 342-348).
Priansa, D. J. 2017. Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontenporer. Alfabeta Bandung.
Safitri, D. F. A., Lestari, D. E., & Setyobakti, M. H. (2018). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas PelayananTerhadap Loyalitas Pelanggan UD Venus Lumajang. In Proceedings Progress Conference (Vol. 1, No. 1, pp. 194-205).
Samuel, H,. & Foedjiwati (2005). Pengaruh Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas merek (Studi Kasus pada Restoran the Prime Steak dan Ribs). Jurnal Manajemen & Kewirausahaan. 7(1). 74-82.
Saputra, A. (2016). pengaruh atribut produk terhadap loyalitas konsumen Toyota Agya di kota medan. Jurnal Manajemen Bisnis. 25(1).
Siregar, S. (2013). Metode peelitia Kuatitatif: Dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual & SPSS. Jakarta : PRENADAMEDIA GROUP.
Soegoto, A., S. (2013). Persepsi Nilai dan Kepercayaan terhadap Keputusan dan dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal EMBA. 1(3). 1271-1283.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta: Bandung.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. CV Alfabeta: Bandung.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis. CV Alfabeta: Bandung.
Sumarwan, U. (2011). Perilaku konsumen. Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Tjiptono, Fandy, 2007, Pemasaran jasa, Bayumedia : Malang.
Published
2019-08-31