The Government's Commitment in Enforcing Sanctions for the Implementation of Corporate Social Responsibility by Companies

  • Muchamad Taufiq STIE Widya Gama Lumajang
Keywords: CSR, Corporatae Value and Sanctions

Abstract

The purpose of this study is to determine: Definition of Corporate Social Responsibility,
Definition of Corporate Value and Legal Effects of Corporate Social Responsibility with
Corporate Value. The benefits of this research are theoretically expected to provide a study,
analysis, understanding and explanation of the philosophical basis of Corporate Social
Responsibility and Corporate Value and practically this research is expected to be useful in
discovering and explaining the legal influence of Corporate Social Responsibility on Corporate
Value. Data analysis in this study used a qualitative approach. The data analyzed in this study is
comprehensive and is an integral unit (holistic) regarding Corporate Social Responsibility and
Corporate Value and is supported by compliance with applicable regulations (compliance). The
Law of the Republic of Indonesia Number 40 of 2007 concerning Limited Liability Companies
(UUPT) is the basis for implementing Corporate Social Responsibility (CSR) for the corporate
world in Indonesia. The problems posed in this study are: What is the philosophical meaning of
Corporate Social Responsibility?, What is Corporate Value? The results of this study state that
CSR is an obligation and Corporate Value is about public trust. Between the two, it is necessary to
sanction companies related to CSR through regulations with legal certainty that will encourage the
realization of Corporate Value

References

Agustina, 2013. Pengaruh Profitabilitas dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility
Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di
Bursa Efek Indonesia), Universitas Negeri Malang.
Agustine, 2014. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaa, Finesta, Vol.
2, No. 1, 42-47.
Asyadhie, Zaeni.2012. Hukum Bisnis Prinsip Dan Pelaksanaannya di Indonesia (Edisi Revisi), PT.
RadjaGrafindo Persada, Jakarta.
Corporate Social Responsibility
Deliarnov,2003. Perkembangan Pemikiran Ekonomi (Edisi Revisi), PT. RadjaGrafindo Persada,
Jakarta.
Dewi & Wirajaya, 2013. Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Pada
Nilai Perusahaan, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, No. 4.2:358-372.
Hermuningsih. 2013. Pengaruh Profitabilitas, Growth Oppoetunity, Sruktur Modal terhadap Nilai
Perusahaan Pada Perusahaan Publik di Indonesia, Buletin Ekonomi Moneter dan
Perbankan.
Horne & Wachowicz. 2009. Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan, Salemba Empat.Jakarta.
http://id.wikipedia.org/wiki/Tanggung_jawab_sosial_perusahaan.com. Diakses 1 Juni 2021.
Kasmir, 2009. Pengantar Manajemen Keuangan, PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Kusumadilaga, 2010. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan
Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating, Universitas Diponegoro.
Muji, 2012. Pengaruh CSR Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai
Variabel Moderating, Jurnal Akuntansi
Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-05/MBU/2007 Tahun 2007
Tentang Program Kemitraan Badan Usaha Milik Negara Dengan Usaha Kecil Dan Program
Bina Lingkungan sebagaimana terakhir diubah dengan Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-08/MBU/2013 Tahun 2013 Tentang Perubahan Keempat Atas
Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-05/MBU/2007 Tentang
Program Kemitraan Badan Usaha Milik Negara Dengan Usaha Kecil Dan Program Bina
Lingkungan
Peraturan Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2012 Tentang Tanggung Jawab Sosial Dan
Lingkungan Perseroan Terbatas
Prasetyorini. 2013. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Price Earning Ratio dan Profitabilitas
Terhadap Nilai Perusahaan, Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 1, No. 1
Rosiana& Juliarsa, 2013. Pengaruh Pengungkapan CSR Terhadap Nilai Perusahaan Dengan
Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi, E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana
5.3:723-738.
Sartono,Agus. 2010. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi, Edisi Keempat. BPFE:
Yogyakarta.
Silondae& Fathoeddin, 2010. Aspek Hukum Dalam Ekonomi Bisnis, Mitra Wacana Media:
Malang.
Subekti& Tjitrosoedibio, 2003. Kamus Hukum, PT. Pradnya Paramita, Jakarta.
Taufiq, Muchamad, 2017. Aspek Hukum Dalam Ekonomi, MNC, Malang.
Umbara& Suryana, 2014. Pengaruh Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Pada Nilai
Perusahaan, E-jurnal Akuntansi Universitas Udayana No. 9.2:410-424
Undang- Undang RI Nomor 22 Tahun 2001 Tentang Minyak Dan Gas Bumi
Undang- Undang RI Nomor 25 Tahun 2007 Tentang Penanaman Modal
Undang- Undang RI Nomor 32 Tahun 2009 Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.
Undang- Undang RI Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas
Weston & Copeland, 2007. Manajemen Keuangan, Erlangga: Jakarta
Published
2021-09-19