Pengaruh City Branding, Event Wisata, dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung ke Objek Wisata Waterpark Kabupaten Lumajang

  • Muhammad Suhadak STIE Widya Gama Lumajang
  • Tri Palupi Robustin STIE Widya Gama Lumajang
  • Noviansyah Rizal STIE Widya Gama Lumajang

Abstract

Keputusan berkunjung wisatawan merupakan suatu hal yang harus diperhatikan agar wisatawan tertarik untuk mengunjungi objek wisata. Tinjauan terhadap studi sebelumnya yang dilakukan menunjukkan bahwa keputusan berkunjung wisatawan dipengaruhi oleh city branding, event wisata, dan electronic word of mouth. Temuan ini kemudian mengarahkan penelitian ini dalam memberikan bukti empiris yang berkaitan dengan pengaruh variabel city branding, event wisata, dan electronic word of mouth terhadap keputusan berkunjung ke objek wisata Waterpark Kabupaten Lumajang. Data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner dengan menggunakan skala ordinal 1-5. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian regresi berganda secara parsial menunjukkan city branding, event wisata, dan electronic word of mouth memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan berkunjung ke objek wisata Waterpark Kabupaten Lumajang. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa untuk meningkatkan keputusan berkunjung maka diperlukan strategi city branding, event wisata, dan electronic word of mouth yang tepat. Strategi city branding dilakukan dengan membentuk citra yang baik dalam benak konsumen terkait kota dan objek wisata. Event wisata dilakukan dengan menyelenggarakan kegiatan masyarakat yang mempunyai ciri khas berbeda sehingga dapat menarik wisatawan. Electronic word of mouth dilakukan dengan membentuk penilaian positif terhadap suatu objek wisata.

References

Amirullah. (2002). Perilaku Konsumen. Malang: Graha Ilmu.
Dani, Y. P. & Thamrin. (2019). Atribut Produk Wisata dan Electronic Word of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Berkunjung pada Kawasan Wisata Mandeh. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha, 1(1), 283–295.
Getz, D. (2004). Event Management and Event Tourism. Canada: University of Calgary
Gustiawan, W. (2011). City Branding untuk Bukit tinggi. Jurnal Politeknik Negeri Universitas Andalas Padang.
Higgins, F. (2017). Event Tourism and Event Imposition: A Critical Case Study From Kangaroo Island, South Australia. Journal Tourism Management, Vol. 64. pp. 73-86
Indriani, J., & Kuswoyo, C. (2017). Pengaruh City Branding Pada City Image Dan Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Kabupaten Purwakarta. Jurnal Manajemen Maranatha, 17(1), 41. https://doi.org/10.28932/jmm.v17i1.410
Kumalasari, R. D., Gutama, W. A., & Pratiwi, D. E. (2018). Analisis Pengaruh Electronic Word of Mouth (eWom) Terhadap Keputusan Berkunjung ke Agrowisata Cafe Sawah Pujon Kidul. HABITAT, 29(2), 65–75. https://doi.org/10.21776/ub.habitat.2018.029.2.8
Pakarti, S., Kusumawati, A., & Mawardi, M. K. (2017). Pengaruh City Branding dan Event Pariwisata Terhadap Keputusan Berkunjung Serta Dampaknya Pada Minat Berkunjung Kembali ke Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 47(1), 1–8.
Prakoso, B. D., & Marlena, N. (2020). Pengaruh City Branding dan Media Sosial Instagram terhadap Keputusan Berkunjung di Lumpur Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(1), 632-638.
Ramadhan, A. H., Suharyono, & Kumadji, S. (2015). Pengaruh City Branding Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 28(1), 1–7.
Rizal, A., Pebrianggara, A., & Ardiansyah. (2019). Event Marketing Nyadran dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan ke Sidoarjo. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UNIPMA.
Simanjuntak, D. F., & Irawan, A. (2018). Pengaruh Event Pariwisata Terhadap Keputusan Bekunjung (Survei pada Wisatawan Domestik yang Berkunjung ke Event Pariwisata di Kabupaten Banyuwangi ). Jurnal Administrasi Bisnis, 61(3), 144–153.
Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.
Suwarduki, P. R., Yulianto, E., & Mawardi, M. K. (2016). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Citra Destinasi serta dampaknya pada Minat dan Keputusan Berkunjung. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 37(2), 1–10.
Valentino, I. (2019). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Media Sosial Instagram, Atribut Produk Wisata dan Citra Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung (Studi pada Pengunjung Kebun Raya Liwa Lampung Barat). Journal of Chemical Information and Modeling. Universitas Lampung.
Published
2021-09-20