PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN D’VA KLINIK BANYUWANGI

  • Dewi Iftitatul Aini STIE Mandala Jember
  • Agustin HP STIE Mandala Jember
  • Saiful Amin STIE Mandala Jember
Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, D’va Klinik.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik terhadap kepuasan pelanggan pada D’Va Klinik Banyuwangi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengujung yang melakukan perawatan di D’Va Klinik Banyuwangi sebanyak 6450 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 115 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang meliputi keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik secara serentak berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap kepuasan pelanggan D’Va Klinik Banyuwangi. Hasil uji signifikasi secara parsial menyatakan bahwa daya tanggap, empati, dan bukti fisik berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan D’Va Klinik Banyuwangi. Sedangkan keandalan dan jaminan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan D’Va Klinik Banyuwangi.

References

Anjarsari, S. D. (2014). Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Jasa Body Spa Di Salsa Beauty Salon And Centre Surabaya. e- Journal, 03(03), 1- 7.
Kasih, et al. (2013). Analisis Statistik Kepuasan Pelayanan Klinik Kecantikan London Beauty Centre Cabang Manyar Kertoajo Surabaya. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 1(1), 16-33.
Kotler, P. & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, (Edisi Ketigabelas). Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. (2000). Marketing Management, (Edisi Milenium, International Edition). New Jersey: Prentice Hall International, Inc.
Lovelock, C., Wirtz, J., & Mussr, J. (2011). Pemasaran Jasa Perspektif Indonesia, (Edisi Ketujuh, Jilid Satu). Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Lupiyoadi, Rambat, 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik, Salemba Empat, Jakarta.
Madura, J. (2011). Introduction to Business Pengantar Bisnis, (Edisi Keempat). Jakarta: Salemba Empat.
Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen, (Edisi Kelima, Jilid Satu). Jakarta: Erlangga.
Nastiti, S. D., & Budiadi, S. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Klinik Kecantikan “Nanisa Beauty & Dental Clinic” Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 2(1), 1-19.
Nurmalasari, R. M. (2013). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Klinik Kecantikan Profira Di Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(1), 1-11.
Marketing.co.id (2017, August). Potensi Pasar dan Kecantikan. Retrieved from http://www.marketing.co.id/potensi-pasar-produkkecantikan-di-indonesia.
Setiadi, N. J. (2003). Perilaku KonsumenKonsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.
Situmorang, S. H., & Lufti, M. (2014). Analisis Data Untuk Riset Manajemen dan Bisnis. Medan: USU Press.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2009). Statistika Untuk Penelitian, (Edisi Keempat Belas). Bandung: Alfabeta. Tjiptono, F. (2006). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit :Alfabeta.
Published
2021-09-20