Analisis Hubungan Komunitas, Keterampilan Pekerja, dan Pemasaran Online Terhadap Kesuksesan Usaha Pada Kedai Big Bike Custom Lumajang

  • Kristanto Agus Salim STIE Widya Gama Lumajang
  • Riza Bahtiar Sulistyan STIE Widya Gama Lumajang
  • Kusnanto Darmawan STIE Widya Gama Lumajang
Keywords: Community Relations, Worker Skills, Online Marketing, and Business Succes

Abstract

Products related to the results achieved by the Kedai Big Bike Custom Lumajang workshop. A review of previous studies conducted shows that business success can be achieved by building target markets, willingness, co-workers, and market opportunities through community relations, employee skills, and online marketing. This finding then directs this research in providing theoretical and empirical evidence relating to the variables of community relations, worker skills, and online marketing. The data used in this study through interviews using questionnaires distributed to 58 respondents on a scale interval of 1-10, the data obtained from the analysis of Multiple Linear Regression Test. The results of the analysis prove that the variables of community relations and online marketing do not have a significant effect, while the variable of worker skills has a significant effect on business success at the Kedai Big Bike Custom Lumajang.

References

Abdullah, S. (2013). Potensi dan Kekuatan Modal Sosial dalam Suatu Komunitas. SOCIUS, 12, 13-21.
Aji, S. P., Mulyadi, H., & Widjajanta, B. (2018). Keterampilan Wirausaha untuk Keberhasilan Usaha. Journal of Business Management Education, 3(3), 111-122.
Danny, F. G., & Utama, L. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Kapasitas Inovasi terhadap Kesuksesan Proyek pada Bidang Fashion. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan,, 2(3), 690-699.
Emerson, R. M. (1987). Social Exchange Theory. Emerson, 2(1976), 335-362.
Fadly, H. D., & Sutama. (2020). Membangun Pemasaran Online dan Digital Branding ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ecoment Global, 5(2), 213-222.
Fatkhurahman. (2016). Kepuasan Berwirusaha melalui Kemauan untuk Berkarya Usaha Industri Kecil. JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam), 1(2), 143-153.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Desertasi Ilmu Manajemen: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Indarto, & Santoso, D. (2020). Karakteristik Wirausaha, Karakteristik Usaha dan Lingkungan Usaha Penentu Kesuksesan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 13(1), 54-69.
Lantri, D., Gunawan, W., & Yunita, D. (2017). Fenomena Ojek Didalam Kampus Universitas Padjadjaran dan Relasi Sosial yang Terbangun di Dalamnya. Sosioglobal : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi, 1(2), 132-142.
Mahendra, S. (2015). Keterkaitan Modal Sosial dengan Strategi Kelangsungan Usaha Pedagang Sektor Informal di Kawasan Waduk Mulur. Jurnal Analisa Sosiologi, 4(2), 10-30.
Muflifah, T. (2017). Penggunaan Metode Altman Z-Score Untuk Memprediksi Kebangkrutan Pada Perusahaan Food And Beverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Inidonesia. 1-8.
Ong, I. A., & Sugiharto, S. (2013). Analisa Pengaruh Strategi Diferensiasi, Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan di Cincau Station Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1(2), 1-11.
Panetto, H., & Cecil, J. (2013). Information Systems for Enterprise Integration, Interoperability and Networking: Theory and Applications. Enterprise Information Systems, 7(1), 1-6. doi: 10.1080/17517575.2012.684802
Pangkey, P. C., Saerang, I. S., & Maramis, J. B. (2018). Analisis Prediksi Kebangkrutan Dengan Menggunakan Metode Altman Dan Metode Zmijewski Pada Perusahaan Bangkrut Yang Pernah Go Public Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA, 6(4), 3178-3187.
Putri, N. K. (2013b). Peran Human Capital terhadap Kesuksesan Organisasi: Karyawan Adalah Investasi. Jurnal Administrasi Kebijakan Kesehatan, 11(2), 93-97.
Ramadhayanti, A., & Martiwi, R. (2020). Analisis pengaruh Manajemen Relasi Komunitas Online dan Keterlibatan Konsumen terhadap Strategi Pemasaran Bump & Upsell. Jurnal Sekretari dan Manajemen, 4(2), 107-116.
Ridwan, M., & Sandy, H. E. (2019). Pengaruh Interaksi Antara Total Quality Management dengan Sistem Penghargaan, Komitmen Organisasi dan Sistem Pengukuran Kinerja Terhadap Kinerja Manajerial (Studi Empiris Pada Perusahaan Otomotif Dan Komponen Di Kota Jambi). Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan, 8(1), 13-28.
Rifa’i, M., Suprihatin, & Agustim, W. (2019). Kompetensi Wirausaha, Pembinaan, serta Lokasi Usaha Pengaruhnya terhadap Kesuksesan Berwirausaha bagi Pelaku Usaha Skala Mikro. J-MACC : Journal of Management and Accounting, 2(2), 159-173.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Utaminingsih, A., Ariefiantoro, T., & Widowati, S. Y. (2016). Menyingkap Rahasia Kesuksesan Usaha Tahu Baxo Bu Pudji Ungaran. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 18(2), 184-195.
Wardhana, A. (2016). Pengaruh Strategi Pemasaran Komunitas Terhadap Loyalitas Merek Toyota Di Indonesia. DeReMa Jurnal Manajemen, 11(2), 235-253.
Widyaningrum, P. W. (2016). Peran Media Sosial sebagai Strategi Pemasaran pada Sewa Kostum Meiyu Aiko Malang. Al Tijarah, 2(2), 230-257.
Wongso, W. W., & Wijaya, A. (2020). Pengaruh Relational Capital Terhadap Kesuksesan Usaha Online Shop di Indonesia. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan,, 2(1), 102-109.
Yusup, D. K., Badriyah, M., Suyandi, D., & Asih, V. S. (2019). Pengaruh Bencana Covid-19, Pembatasan Sosial, dan Sistem Pemasaran Online terhadap Perubahan Perilaku Konsumen dalam Membeli Produk Retail.
Published
2021-09-20