TINJAUAN EMPIRIS MOTIVASI PELAYANAN PUBLIK DI MASA PANDEMI: SEBUAH STUDI PADA APARATUR SIPIL NEGARA DI BANDUNG

  • Ricky Adi Putranto Politeknik STIA LAN Bandung
  • Saekul Anwar Politeknik STIA LAN Bandung
Keywords: Dimensi Motivasi Pelayanan Publik, Aparatur Sipil Negara, Analisis Faktor.

Abstract

Motivasi pelayanan publik adalah konsep dengan bangunan teoritis yang telah kokoh, telah banyak diteliti sebelumnya, dan dikenali sebagai dorongan diri individual yang berbeda jika dibandingkan dengan karyawan atau pegawai yang bekerja di sektor non-publik. Tujuan penelitian ini adalah menguji konsep dari motivasi pelayanan publik secara unidimensionalitas pada sampel aparatur sipil negara (ASN) di Kota Bandung. Sebanyak 127 responden yang berpartisipasi pada penelitian ini dengan menjawab dengan lengkap kuesioner yang disebarkan secara online yang mengukur tentang empat dimensi dari kualitas pelayanan publik, yakni (1) Ketertarikan pada pembuatan kebijakan publik, (2) Ketertarikan pada pembuatan kebijakan publik, (3) Kasih saying, dan (3) Pengorbanan diri. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis faktor konfirmatori secara dua tahap, untuk mengeksplorasi nilai bobot faktor dari indikator ke empat dimensi, serta dari empat dimensi tersebut ke variabel motivasi pelayanan publik. Secara umum hasil menunjukkan bahwa setiap indikator maupun dimensi mempunyai makna penting dalam merefleksikan motivasi pelayanan publik bagi ASN di Kota Bandung. Namun temuan penelitian ini mengungkap bahwa pengorbanan diri (self-sacrifice) sebagai hal terpenting dalam mencerminkan motivasi pelayanan publik dari aparatur sipil negara menunjukkan seberapa besar motivasi mereka dalam melaksanakan tugas dalam pelayanan publik.

References

Camilleri, E., & Van Der Heijden, B. I. J. M. (2007). Organizational Commitment, Public Service Motivation, and Performance Within the Public Sector. In Public Performance & Management Review (Vol. 31, Issue 2). https://doi.org/10.2753/pmr1530-9576310205
Darmawan, E., & Atmojo, M. E. (2020). Kebijakan Work from Home bagi Aparatur Sipil Negara di Masa Pandemi Covid-19. TheJournalish: Social and Government, 1(September), 92–99. http://thejournalish.com/ojs/index.php/thejournalish/article/view/26/15
Dryhurst, S., Schneider, C. R., Kerr, J., Freeman, A. L. J., Recchia, G., van der Bles, A. M., Spiegelhalter, D., & van der Linden, S. (2020). Risk perceptions of COVID-19 around the world. Journal of Risk Research, 23(7–8), 994–1006. https://doi.org/10.1080/13669877.2020.1758193
Hidayati, N., & Sunaryo, H. (2019). The effect of public service motivation on job performance through satisfaction and commitment: case of public officer in immigration office malang. Journal of Entrepreneurship, Business and Economics, 7(1), 1–16.
Jamaluddin, Y. (2016). Model Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal TAPIs, 12(1), 54–68.
Kitapci, O., Akdogan, C., & Dortyol, İ. T. (2014). The Impact of Service Quality Dimensions on Patient Satisfaction, Repurchase Intentions and Word-of-Mouth Communication in the Public Healthcare Industry. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 148, 161–169. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.030
Kurdi, M. (2020). Menggagas Pelayanan Prima di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 04, 4–9. https://docplayer.info/198685155-Menggagas-pelayanan-prima-di-masa-pandemic-covid-19.html
Lee, G., & Choi, D. L. (2013). Does Public Service Motivation Influence the College Students’ Intention to Work in the Public Sector? Evidence From Korea. Review of Public Personnel Administration, 36(2), 145–163. https://doi.org/10.1177/0734371X13511974
Musdalipa, M., Parawangi, A., & Malik, I. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Desa Parigi Kecamatan Tinggimoncong Kabupaten Gowa. Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik, 3(1), 47. https://doi.org/10.26618/kjap.v3i1.893
Novira, A., Priatna, R., & Pradesa, H. A. (2020). Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pengguna Layanan Kesehatan Puskesmas di Kabupaten Sumedang Tahun 2019. JEMAP: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Dan Perpajakan, 3(2), 288–302.
Osborne, S. P. (2006). The new public governance? Public Management Review, 8(3), 377–387. https://doi.org/10.1080/14719030600853022
Osborne, S. P., Radnor, Z., & Nasi, G. (2013). A New Theory for Public Service Management? Toward a (Public) Service-Dominant Approach. American Review of Public Administration, 43(2), 135–158. https://doi.org/10.1177/0275074012466935
Perry, J. L. (2007). Democracy and the new public service. American Review of Public Administration, 37(1), 3–16. https://doi.org/10.1177/0275074006296091
Perry, J. L. (2014). The motivational bases of public service: foundations for a third wave of research. Asia Pacific Journal of Public Administration, 36(1), 34–47. https://doi.org/10.1080/23276665.2014.892272
Perry, J. L., & Wise, L. R. (1990). The Motivational Bases of Public Service. Public Administration Review, 50(3), 367–373. https://doi.org/10.1111/j.1540-6210.2005.00466.x
Potipiroon, W., & Ford, M. T. (2017). Does Public Service Motivation Always Lead to Organizational Commitment? Examining the Moderating Roles of Intrinsic Motivation and Ethical Leadership. Public Personnel Management, 46(3), 1–28. https://doi.org/10.1177/0091026017717241
Pradesa, H. A. (2018). Peran Komitmen Afektif Dalam Memperkuat Dampak Dari Dimensi Iklim Kerja Etis Terhadap Perasaaan Berkewajiban Pegawai Negeri Sipil di Kantor Pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 12(2), 16–29.
Pradesa, H. A., Dawud, J., & Affandi, M. N. (2019). Mediating Role of Affective Commitment in The Effect of Ethical Work Climate on Felt Obligation Among Public Officers. JEMA: Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi Dan Manajemen, 16(2), 133–146. https://doi.org/10.31106/jema.v16i2.2707
Pradesa, H. A., Taufik, N. I., & Novira, A. (2018). Isu Konseptual Tentang Perasaan Berkewajiban (Felt Obligation) Individu Dalam Perspektif Kerangka Pertukaran Sosial. Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.30741/wiga.v8i1.231
Putranto, R. A., Setiajatnika, E., & Fahmi, I. (2018). The Effect of Public Service Motivation and Job Satisfaction on Public Officers’ Performance through Commitment. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(12), 1422–1435. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v8-i12/5247
Ramadhan, R. F., & Tamaya, V. (2021). Standar Pelayanan Publik di Masa Pandemi Covid-19: Studi Pelayanan Perpustakaan ITERA. Jurnal Studi Ilmu Sosial Dan Politik, 1(1), 57–66. https://doi.org/10.35912/jasispol.v1i1.365
Rinaldi, R. (2012). Analisis Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi Publik (Public Administration Journal), 7(1), 22–34.
Romlah, N. S., Sedarmayanti, S., Gunawan, S., & Pradesa, H. A. (2019). Human Resource Development Among Administrative Staff at Faculty of Nursing Science , Padjadjaran University ( UNPAD ) Bandung Human Resource Development Among Administrative Staff at Faculty of Nursing Science , Padjadjaran University ( UNPAD ) Bandung. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 9(7), 424–436. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v9-i7/6135
Silva, D. S., Moraes, G. H. S. M. de, Makiya, I. K., & Cesar, F. I. G. (2017). Measurement of perceived service quality in higher education institutions: a review of HEdPERF scale use. Quality Assurance in Education, 25(4), 415–439.
Sulistyan, R. B., Pradesa, H. A., & Kasim, K. T. (2017). Peran Mediasi Kepuasan Dalam Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Institusi Terhadap Retensi Mahasiswa. Wiga : Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 7(2), 77–78. https://doi.org/10.30741/wiga.v7i2.337
Supriatna, M. D., Pradesa, H. A., & Priatna, R. (2019). Literature Review and Conceptual Models Development on Public Services Motivation. Warmadewa Management and Business Journal (WMBJ) Agustus, 1(2), 102–110. https://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/wmbj
Taufik, T., & Warsono, H. (2020). Birokrasi baru untuk new normal: tinjauan model perubahan birokrasi dalam pelayanan publik di era Covid-19. Dialogue: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 2(1), 1–18. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/dialogue/article/view/8182
Published
2021-09-20